Minggu, 27 Desember 2015

Apa itu Ilmu Komputer?


Perkenalkan nama saya Hafizatul Muna, NIM saya J1F115207. Saya adalah salah satu Mahasiswi Ilmu Komputer/Computer Science Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lambung Mangkurat. Sekolah asal saya SMK Negeri 1 Amuntai Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), lulusan tahun 2015. saya menulis artikel ini karena saya ingin berbagi informasi bagaimana kuliah di ilmu komputer, apa saja yang dipelajari di Program Studi Ilmu Komputer.

Ilmu Komputer adalah salah satu program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat. Ilmu Komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemograman komputer dan rekayasa perangkat lunak (Software).


Ilmu Komputer memiliki sub bidang, diantaranya


  • Algoritma dan Struktur Data
  • Arsitektur
  • Rekaya Perangkat Lunak
  • Kecerdasan buatan dan robotika
  • Interaksi manusia dan Komputer
  • Organisasi Komputer
  • Bahasa pemograman
  • Sistem Operasi dan Jaringan
  • Basis data
  • Grafik Komputer
  • Ilmu komputasi
  • Bioinformatika
Beberapa anggapan yang salah tentang ilmu komputer, yang pertama Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari Komputer, anggapan tersebut salah, mengapa salah? karena komputer hanyalah sebagai alat yang digunakan oleh mahasiswa ilmu komputer. Anggapan kedua,  Ilmu Komputer adalah Ilmu yang mempelajari penggunaan aplikasi, anggapan tersebut juga salah, karena di ilmu komputer tidak mempelajari bagaimana menggunakan aplikasi, bagaimana bisa mempelajari pengunaan aplikasi sedangkan aplikasi jumlahnya ribuan, Ilmu Komputer tidak sebagai pengguna aplikasi tetapi pembuat aplikasi/sofware dengan berbagai macam bahasa pemograman seperti bahasa C, C++, C#, Pascal, dll. Anggapan yang ketiga, orang Ilmu Komputer itu mahir dalam memperbaiki komputer. Anggapan tersebut sedikit keliru, di ilmu komputer tidak terlalu banyak mempelajari tentang masalah-masalah kerusakan pada komputer atau disebut dengan troubleshooting, hanya mempelajari secara umum saja. Kecuali mahasiswa/mahasiswi itu berasal dari SMK IT Program Keahlian TKJ, mungkin sedikit mahir dalam menangani troubleshooting. Anggapan yang keempat, Mahasiswa/i ilmu komputer itu pengguna office yang baik, anggapan itu juga keliru sebab di ilmu komputer hanya sedikit mempelajari penggunaan office, tidak seperti orang akuntansi, dan perkantoran

Dasar ilmu Komputer adalah matematika, artinya untuk menuntut ilmu di ilmu komputer perlu untuk memperdalam matematika, karena semua sub bidang yang telah disebutkan sebelumnya dasarnya adalah matematika, misalnya saja untuk jaringan perlu matematika untuk perhitungan Subnetmask, perlu matematika untuk menghitung broadcast, perlu matematika untuk menghitung jumlah host, dll. Untuk pemograman perlu matematika untuk  algoritmanya. Jadi untuk adik-adik yang mempunyai niat untuk menunutut ilmu di program studi ilmu Komputer perlu memperdalam matematika agar mudah mengikuti setiap mata kuliah yang ada di ilmu Komputer.


Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat 
Hafizatul Muna
J1F115207








1 komentar:

 

CopyRight (c) Hafizatul Muna 2015 - Ilmu Komputer