Minggu, 26 Februari 2017

Pengenalan Pemrograman Visual Java

Pengertian Pemograman Bahasa Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi

Konsep Pemrograman Berorentasi Objek
Membangun program dalam pemograman berorientasi objek dengan java dilakukan dengan cara membentuk sebuah class, menentukan variabel member dan menentukan method. Misalnya ingin membuat program untuk menhitug luas dan keliling lingkaran kita dapat membuat class dengan nama linkaran1.java yang memiliki variabel member radius dan beberapa method seperti void inputdata(int data), double hitungluas(), double hitungkeliling(), double hitung() dan void main (string args[]).

Komponen-Komponen Visual
1. Jframe
Jframe adalah komponen dasar dalam pemograman visual dengan java. Dalam frame inilah komponen lain diletakkan.       
2. Jlabel
Jlabel adalah komponen yang digunakan untuk membuat tulisan atau gambar pada frame
3. JTextField
JTextField adalah komponen yang digunakan untuk memasukkan sebaris string yang selanjutnya dapat digunakan sebagi input bagi proses berikutnya
4. JButton
JButton adalah komponen berbentuk tombol. Komponen ini banyak digunakan eksekusi terhadap tindakan yang diinginkan.
5. JRadioButton
JRadioButton adalah komponen yang digunakan ketika pengguna perlu memilih salah satu diantara beberapa pilihan.
6. JComboBox
JComboBox juga merupakan komponen yang digunakan untuk memilih salah satu diantara sekian banyak pilihan yang berbentuk semacam TextField da nada panah ke bawah


Kelebihan Java :

·       1. Mudah untuk dikembangkan
Salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman Java ini adalah kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Setiap aplikasi ataupun program yang dibuat dengan menggunakan dasar bahasa pemrograman Java memiliki kemampuan yang sangat baik untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut.

·       2. Sifatnya Mutliplatform
Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman java yang banyak diminati oleh para developer dan programmer adalah karena Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, alias universal dan bisa digunakan dalam platform apapun. Hal ini membaut banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java untuk membuat aplikasi yang diinginkannya.

·       3. Memiliki kemudahan dalam menyusun suatu script
Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Java, selain mudah dikembangkan, dan bersifat universal adalah bahwa bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Para programmer dan developer dalam menyusun sebuah program, haruslah menggunakan sebuah script, agar program tersebut dapat berjalan. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, script terswebut akan lebih mudah untuk dibuat dan dipelajari, sehingga beberapa programmer pemula pun sudah bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

·       4. Apabila programmer beorientasi pada usability, maka Java sangat mendukung
Keunggulan bahasa pemrograman yang satu ini berhubungan erat dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan Java yang mampu bekerja di platform manapun. Hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi. Apabila seorang developer ingin mengembangkan sebuah aplikasi yang sangat berguna dan bisa dinikmati oleh orang banyak, maka developer dapat menggunakan bahasa pemrograman Java ini. saat ini hampir semua orang sudah pernah memegang handphone yang bisa menjalankan aplikasi Java. Karena itu, semua aplikasi yang dikembangkan oleh developer, pastinya akan sangat berguna bagi hampir semua user di dunia. Bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Java yang satu ini lebih bersifat teknis. Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bentuk atau jenis bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek. Itu artinya setiap aplikasi yang dibangung dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau bisa juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.
     
·       5. Dinamis
Kelebihan dari bahasa pemrograman Java yang berikutnya adalah sifatnya yang dinamis. Sifat dinamis dari bahasa pemrograman Java ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan dari bahasa pemrograman Java yang sangat mudah untuk dikembangkan. Struktur kodenya bisa dengan mudah dimodifikasi dan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan dari user.

Kekurangan Java
1. Penggunaan memori yang cukup tinggi
Bahasa pemrograman Java memang menawarkan banyak sekali fitur yang luar baisa, mulai dari kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman Java. Akan tetapi sayangnya, semua kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memory yang cukup besar. Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi Java membuthkan resource memory yang cukup besar untuk dapat berjalan dengan baik. Begitu pula ketika seorang developer akan mengembangkan aplikasi Java, developer juga membutuhkan memory yang tinggi dalam mengembangkan aplikasi ini. Tentunya komputer yang di pakai harus memiliki kapasitas RAM terbesar untuk melancarkan develop agar lebih optimal

·       2. Mudah didekompilasi
Bahasa mudahnya dari istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah megnalami dekompilasi. Souce code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dapat dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga memunculkan banyak hack dan juga pengcopyan dari aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java tersebut.


sumber : 

Pemrograman Visual Java, karangan Fatchurrochman Achmad Basuki, Tahun 2007, Penerbit Graha Ilmu
http://dosenit.com/kuliah-it/pemrograman/kelebihan-dan-kekurangan-java
https://id.wikipedia.org/wiki/Java

1 komentar:

 

CopyRight (c) Hafizatul Muna 2015 - Ilmu Komputer